Selasa, 29 Maret 2011

3 sifat keadaan manusia

3 macam ciri manusia yang harus diketahui Muballigh supaya Muballigh mudah dalam menyalurkan ilmunya kepada para jamaahnya, yaitu:
1. Al-Insan al-ghafilu = orang yang lupa daratan, tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, barang bagus dengan barang jelek. Ia ibarat bayi yang baru lahir tidak tahu agama sama sekali. Bisa dikatakan orang ini adalah orang desa yang tidak taahu apa dengan agama. Orang seperti ini mudah untuk di sadarkan. Seperti halnya yang dilakukan oleh sunan kali jogo dalam berdakwa dimasyarakat abangan. Dalam masyarakat tersebut membutuhkan orang alim untu menunjukkan mereka. Akan tetapi dalam menunjukkan mereka harus dengan pelan-pelan tidak dengan jalan kekerasan sebab untuk menarik hati mereka terleih dahulu dengan sikap halus agar mempermudah mereka untuk mengikuti.
2. Orang yang mengetahui keburukan akan tetapi masih tetap melakukannya. ia belum terbiasa dalam melakukan amal-amal yang sholeh. Ini lebih sulit untuk menyadarkannya dibanding ciri orang yang pertama. Mereka termasuk orang yang pintar mengetahui baik buruknya suatu perbuaatan akan tetapi mereka tidak menggunakan kepintarannya untuk berbuat kebaikan melainkan membuat kerusakan di dunia. Untuk menyadarkannya harus lebih halus lagi agar lebih menarik hati secara pelan-pelan sampai mereka tidak sadar kalau kita pengaruhi.
3. Orang yang hanya percaya kepada salah seorang saja dan menganggap yang lain adalah salah. Orang seperti ini sangat sulit untuk dirubah, karena merreka sudah mempunyai kepercayaan tersendiri padahal kepercayaannya adalah salah. Oleh karena itu cara untuk meluruskannya adalah dengan berdialog dengannya dengan baik-baik dan turut menyadarkan bahwa kepercayaan atau tindakan yang selama ini ia anut atau praktekkan adalah salah. pertama kali mengingatkannya jangan langsung dengan menjastis bahwa ia adalah salah atau apapun yang bisa membuat dirinya benci kepada kita, akan tetapi bagaimana caranya sampai ia tertarik kepada kita sampai ia mengetahui bahwa selama ini pendapat yang ia anut adalah salah. Dengan sendirinya orang seperti ini akan luluh dengan sendirinya. Tapi ini membutuhkan waktu yang panjang dan penuh dengan kesabaran.

0 komentar: